Lewati ke konten utama

Angka dan Nilai Ajaib Lancar

Angka dan nilai konfigurasi yang umumnya berfungsi untuk 80% dari server yang ada di dunia.

Nilai default berarti Anda tidak perlu mengubahnya, berapapun nilai awalnya, cukup dibiarkan saja.

Anda perlu mengupayakan supaya nilai Ideal bisa tercapai.

Jika tidak bisa, kejarlah nilai Rekomendasi.

Jika ada Minimum, gunakan paling terakhir. Sebisa mungkin hindari Minimum karena mempengaruhi pengalaman bermain pemain. Pengaruhnya terkadang cukup bikin bete dan pemain pensi!

Angka dan nilai yang tidak tertera pada laman ini bebas Anda ubah semau Anda.

Laman ini ditulis untuk versi Minecraft Java 1.21.10. Jika ada opsi yang 'menghilang', maka kemungkinan besar opsi tersebut namanya berbeda atau belum muncul di versi yang Anda gunakan.


server.properties

/home/container/server.properties

allow-flight:

Ideal: false dan gunakan anticheat. Yang gratis seperti Grim pun sudah cukup.

Rekomendasi: true jika CPU Anda tidak kuat untuk memasang anticheat

network-compression-threshold:

Ideal: 128 jika CPU anda kuat

Rekomendasi: 512 jika bandwidth network Anda lemah

online-mode:

Ideal: true

Rekomendasi: true

Anda boleh menyetel ini menjadi false supaya pemain cracked bisa memasuki server.

Anda wajib menginstall plugin authentication seperti AuthMeReloaded atau LibreLogin untuk menghindari 'pembajakan akun admin'.

Namun Anda perlu mengantisipasi masalah yang berkaitan dengan hybrid login cracked opsional premium, seperti pada akun floodgate yang sudah linked namun konfigurasi servernya tidak online mode (akan mengakibatkan duplicate UUID, satu premium UUID dan satu cracked UUID).

op-permission-level=

Ideal: 0

Rekomendasi: 0

Minimum: 4

Hindari penggunaan command /op. Gunakan plugin permission seperti LuckPerms, nyalakan auto-op: true dan berikan permission luckperms.autoop kepada pemain yang memegang akses operator.

function-permission-level=

Ideal: 0

Rekomendasi: 2

Minimum: 2

Gunakan 2 jika server Anda mempunyai datapack. Karena 0 akan mematikan command /function datapack.

Catatan: Hindari penggunaan datapack. Mereka ini seringkali menimbulkan lag karena jalan pada setiap tick, berbeda dengan plugin yang lebih event-driven.

spawn-protection=

Ideal: 0

Rekomendasi: 0

Minimum: 0

0 karena pada sebagian besar waktu hal ini tidak terpakai. Fungsinya adalah mematikan interaksi dengan apapun yang berada di radius angka * angka block dari /setworldspawn

view-distance=

Ideal: 10

Rekomendasi: 8`

Minimum: 5

Angka view-distance di server.properties atau spigot.yml adalah jarak pandang dan chunk non-ticking yang akan dikirimkan ke client dari data world server.

Jangan menyetel angka view-distance lebih kecil dari simulation-distance! Ini akan menghasilkan banyak bug visual yang berkaitan dengan ticking!

Tips: Jika Anda menggunakan versi server Paper 1.21+, Anda bisa menggunakan plugin ExtendedHorizons atau BetterView untuk mengirimkan view distance chunks berbentuk fake chunks kepada pemain-pemain Anda, sehingga Anda bisa menyetel view-distance +1 dari simulation-distance, dan chunk yang lebih jauh akan dikirimkan kepada pemain-pemain Anda. Fake Chunk yang dikirimkan melalui plugin-plugin tersebut jauh lebih ringan dari pada view distance yang asli karena non-ticking dan tidak ada proses loading apapun kecuali caching. Anda bahkan bisa menyetel jarak pandang hingga 32 block dengan jumlah pemain online sebanyak 50 jika Anda menggunakan ExtendedHorizons!

simulation-distance=

Ideal: 8

Rekomendasi: 5

Minimum: 4

Angka simulation-distance di server.properties atau spigot.yml adalah jarak chunk ticking.

Jangan menyetel angka view-distance lebih kecil dari simulation-distance! Ini akan menghasilkan banyak bug visual yang berkaitan dengan ticking!


bukkit.yml

/home/container/bukkit.yml

spawn-limits:

Ideal:

spawn-limits:
monsters: 35
animals: 10
water-animals: 5
water-ambient: 10
water-underground-creature: 5
axolotls: 5
ambient: 0

Rekomendasi:

spawn-limits:
monsters: 21
animals: 8
water-animals: 4
water-ambient: 8
water-underground-creature: 3
axolotls: 5
ambient: 0

monsters = semua hostile mob.

animals = semua passive mob.

water-animals = squid, dolphin.

water-ambient = tropical fish, cod, salmon.

water-underground-creature = glow squid.

axolotl = axolotl.

ambient = bat. Kecuali jika server Anda memiliki kegunaan dari mob bat, maka setel menjadi 0 saja, karena bat tidak punya fungsi dan kontribusi apapun.

ticks-per:

Ideal:

ticks-per:
animal-spawns: 400
monster-spawns: 2
water-spawns: 2
water-ambient-spawns: 2
water-underground-creature-spawns: 2
axolotl-spawns: 2
ambient-spawns: 0
autosave: 6000

Rekomendasi:

ticks-per:
animal-spawns: 400
monster-spawns: 3
water-spawns: 3
water-ambient-spawns: 3
water-underground-creature-spawns: 3
axolotl-spawns: 3
ambient-spawns: 0
autosave: 6000

monsters = semua hostile mob.

animals = semua passive mob.

water-animals = squid, dolphin.

water-ambient = tropical fish, cod, salmon.

water-underground-creature = glow squid.

axolotl = axolotl.

ambient = bat. Kecuali jika server Anda memiliki kegunaan dari mob bat, maka setel menjadi 0 saja, karena bat tidak punya fungsi dan kontribusi apapun.


spigot.yml

/home/container/spigot.yml

timeout-time:

Ideal: 60

Rekomendasi: 60-120

Minimum: 60

Ini adalah 'waktu tunggu' jika server freeze/hang/stall, sebelum server mencoba dump thread di console dan melakukan restart paksa server.

Terkadang ada command berat seperti /minecraft:locate yang bisa membekukan main thread selama beberapa menit, dan akhirnya server crash. Meningkatkan nilai ini akan menghasilkan 'waktu tunggu' yang lebih lama.

Sebaiknya tidak menggunakan command /locate ataupun /minecraft:locate

attribute:

Ideal: default

Rekomendasi: default

Minimum: default

MAKSIMUM: 8192

Biarkan semuanya menjadi angka default (2048 dan 1024) kecuali Anda memiliki server yang mob atau pemainnya bisa melebihi 1024 heart (2048 hp), barulah Anda ganti maxHealth: max: 2048 menjadi lebih tinggi.

Jangan melebihi nilai maksimum (8192)!

world-settings.default.nama-opsi-yang-bisa-disetel:

Semua opsi di dalam default akan diterapkan ke semua world. Anda bisa membuat entry baru dan mengganti default dengan nama world tertentu, supaya Anda bisa mengganti opsi tertentu khusus di world itu saja, dan memiliki prioritas yang lebih tinggi dari opsi yang Anda setel di default.

below-zero-generation-in-existing-chunks:

Ideal: false

Rekomendasi false

Tidak terpakai jika Anda tidak memiliki atau mengimport world 1.17 ke bawah di server 1.18+.

mob-spawn-range:

Ideal: Simulation distance dikurangi 1

Contoh: di server.properties, simulation distance= adalah 5, maka mob-spawn-range: 4 karena 5-1 = 4.

Kenapa harus dikurangi 1?

Ini memberikan ruang bagi mob untuk bisa despawn. karena jika mob-spawn-range == simulation-distance, maka ada kemungkinan beberapa mob tidak bisa despawn karena chunknya sudah unloaded, sehingga akan memenuhi mob cap player ataupun world. Hasilnya world dipastikan akan menjadi sepi karena mob-mob yang gagal despawn dan nyangkut.

Anda juga perlu mengubah despawn-range-shape dan despawn-ranges! Penjelasan lebih lanjut ada di panduan konfigurasi paper-world-defaults.yml di bawah.

entity-tracking-range:

Ideal:

    entity-tracking-range:
pemains: 128
animals: 96
monsters: 96
misc: 96
display: 128
other: 64

Rekomendasi:

    entity-tracking-range:
pemains: 64
animals: 32
monsters: 48
misc: 96
display: 128
other: 48

Angka di dalam Rekomendasi: wajib melakukan penyesuaian juga pada konfigurasi Paper bagian tracking-range-y:. Angkanya akan Anda temukan di laman ini pada section paper-world-defaults.yml.

growth:

Ideal: default

Rekomendasi: default

Minimum: 1

Khusus cactus dan sugarcane: 100

Banyak server yang mengganti angka-angka di sini untuk memperlambat pertumbuhan tanaman, gain yang didapat dari memperlambat ini tidak seberapa, tetapi bisa mempengaruhi pengalaman bermain pemain.

Selain itu juga bug spigot terkenal yang sudah cukup lama yaitu issue#8544 pr#12264 yang menyebabkan cactus dan sugarcane tidak mentrigger block update dan tidak hancur terkena block di sampingnya jika tumbuh.

entity-activation-range:

Ideal:

	entity-activation-range:
animals: 32
monsters: 32
raiders: 64
misc: 80
water: 16
villagers: 32
flying-monsters: 40

Rekomendasi:

	entity-activation-range:
animals: 24
monsters: 32
raiders: 64
misc: 64
water: 16
villagers: 32
flying-monsters: 32

Catatan: misc merupakan minecart, boat, item frame, painting, block display, text display, entity display, evoker fang, dan lainnya. Jangan menyetel misc terlalu dekat, atau farm pemain Anda yang mengandalkan Hopper Minecart akan rusak!

ticks-per dan hopper-amount:

Ideal:

    ticks-per:
hopper-transfer: 8
hopper-check: 1
hopper-amount: 1

Rekomendasi:

    ticks-per:
hopper-transfer: 24
hopper-check: 3
hopper-amount: 3

Minimum:

    ticks-per:
hopper-transfer: 45
hopper-check: 5
hopper-amount: 5

Ini adalah salah satu bagian yang paling sering salah konfigurasinya. hopper-transfer hanya boleh diganti dengan kelipatan 8, hopper-check dan hopper-amount hanya boleh diganti dengan kelipatan 1. Jika tidak sesuai, maka jumlah ticking hopper di server Anda akan rusak.

Salah satu akibat paling fatal dari kesalahan konfigurasi bagian ini adalah semua auto sort system yang menggunakan hopper dan comparator pasti memiliki sebagian kolom hopper yang tidak aktif sama sekali.

hopper-can-load-chunks::

Ideal: true

Rekomendasi: false

Hanya berguna untuk chunk loader. Jika server Anda kuat dan banyak pemain teknikal, maka boleh saja Anda menyalakan ini. Tetapi untuk sebagian besar server, menyalakan opsi ini akan membuat pemain Anda bisa membuat chunk loader yang berpotensi memakan tick server cukup banyak, tergantung dari isian chunk yang diload.

Selain opsi ini, Minecraft vanilla juga sudah memberikan opsi chunk loader menggunakan ender pearl yang dilempar. Opsi ender pearl juga bisa dimatikan di config paper.


paper-world-defaults.yml

/home/container/config/paper-world-defaults.yml

Semua yang ada di dalam paper-world-defaults.yml ini akan diterapkan untuk semua world. Anda bisa memanfaatkan logika ini untuk membuat konfigurasi khusus world tertentu.

Konfigurasi khusus world tertentu akan disimpan di dalam nama folder masing-masing world dengan nama paper-world.yml. Contoh: /home/container/world_nether/paper-world.yml atau /home/container/spawn_server_yang_keren_dan_luas_banget/paper-world.yml.

anticheat.anti-xray:

Perbedaan setiap engine-mode:

anti-xray world

Untuk world world atau Overworld:

/home/container/world/paper-world.yml. Lokasi folder /world/ sesuai dengan nama folder world Overworld Anda! World tempat pemain Anda bermain, baik resource world ataupun build world.

Ideal: engine-mode 2

anticheat:
anti-xray:
enabled: true
engine-mode: 2
hidden-blocks:
- copper_ore
- deepslate_copper_ore
- raw_copper_block
- diamond_ore
- deepslate_diamond_ore
- gold_ore
- deepslate_gold_ore
- iron_ore
- deepslate_iron_ore
- raw_iron_block
- lapis_ore
- deepslate_lapis_ore
- redstone_ore
- deepslate_redstone_ore
lava-obscures: false
max-block-height: 64
replacement-blocks:
- chest
- amethyst_block
- andesite
- budding_amethyst
- calcite
- coal_ore
- deepslate_coal_ore
- deepslate
- diorite
- dirt
- emerald_ore
- deepslate_emerald_ore
- granite
- gravel
- oak_planks
- smooth_basalt
- stone
- tuff
update-radius: 2
use-permission: false

Rekomendasi: engine-mode 3

anticheat:
anti-xray:
enabled: true
engine-mode: 3
hidden-blocks:
- copper_ore
- deepslate_copper_ore
- raw_copper_block
- diamond_ore
- deepslate_diamond_ore
- gold_ore
- deepslate_gold_ore
- iron_ore
- deepslate_iron_ore
- raw_iron_block
- lapis_ore
- deepslate_lapis_ore
- redstone_ore
- deepslate_redstone_ore
lava-obscures: false
max-block-height: 64
replacement-blocks:
- chest
- amethyst_block
- andesite
- budding_amethyst
- calcite
- coal_ore
- deepslate_coal_ore
- deepslate
- diorite
- dirt
- emerald_ore
- deepslate_emerald_ore
- granite
- gravel
- oak_planks
- smooth_basalt
- stone
- tuff
update-radius: 2
use-permission: false

Minimum: engine-mode 1

anticheat:
anti-xray:
enabled: true
engine-mode: 1
hidden-blocks:
- chest
- coal_ore
- deepslate_coal_ore
- copper_ore
- deepslate_copper_ore
- raw_copper_block
- diamond_ore
- deepslate_diamond_ore
- emerald_ore
- deepslate_emerald_ore
- gold_ore
- deepslate_gold_ore
- iron_ore
- deepslate_iron_ore
- raw_iron_block
- lapis_ore
- deepslate_lapis_ore
- redstone_ore
- deepslate_redstone_ore
lava-obscures: false
max-block-height: 64
replacement-blocks: []
update-radius: 2
use-permission: false

Catatan penting: Hanya gunakan engine-mode: 2 jika server Anda memiliki bandwidth yang tinggi, CPU yang kuat, dan koneksi pemain yang stabil. Karena engine-mode: 2 sangat resource intensive. Gunakan engine-mode: 3 terlebih dahulu sebelum engine-mode: 2!

Catatan penting: jangan menambahkan block air ke hidden-blocks apapun engine-mode yang Anda gunakan!!! Ini bukan block air = water, tetapi air = udara, dan ini akan memakan bandwidth server dan CPU server. Selain itu juga akan membuat pemain Anda yang koneksinya kurang stabil akan menjadi sangat lag ketika memasuki server ataupun berpindah world!!!

anti-xray world nether

Untuk world world_nether atau The Nether:

/home/container/world_nether/paper-world.yml Lokasi folder /world_nether/ sesuai dengan nama folder world The Nether Anda! World tempat pemain Anda bermain, baik resource world ataupun build world.

Ideal: engine-mode: 1

anticheat:
anti-xray:
enabled: true
engine-mode: 1
hidden-blocks:
- ancient_debris
- nether_gold_ore
- nether_quartz_ore
lava-obscures: false
max-block-height: 128
replacement-blocks: []
update-radius: 2
use-permission: false

Tidak perlu engine-mode: 1 atau 3, karena Ancient Debris akan selalu generate dikelilingi dengan full block. Sehingga Ancient Debris akan selalu disembunyikan oleh anti-xray.

Catatan penting: jangan menambahkan block air ke hidden-blocks apapun engine-mode yang Anda gunakan!!! Ini bukan block air = water, tetapi air = udara, dan ini akan memakan bandwidth server dan CPU server. Selain itu juga akan membuat pemain Anda yang koneksinya kurang stabil akan menjadi sangat lag ketika memasuki server ataupun berpindah world!!!

Untuk world world_the_end atau The End:

/home/container/world_the_end/paper-world.yml Lokasi folder /world_the_end/ sesuai dengan nama folder world The End Anda! World tempat pemain Anda bermain, baik resource world ataupun build world.

Ideal: dimatikan seluruhnya.

anticheat:
anti-xray:
enabled: false

Tidak ada ore di world The End.

Catatan penting: jangan menambahkan block air ke hidden-blocks apapun engine-mode yang Anda gunakan!!! Ini bukan block air = water, tetapi air = udara, dan ini akan memakan bandwidth server dan CPU server. Selain itu juga akan membuat pemain Anda yang koneksinya kurang stabil akan menjadi sangat lag ketika memasuki server ataupun berpindah world!!!

chunks.delay-chunk-unloads-by:

Ideal: 1s

Rekomendasi: 5s

Defaultnya 10s. Angka ini membuat server tidak perlu melakukan load-unload chunk terus-menerus jika mayoritas pemain Anda hanya berkeliaran di sekitar area yang sama. Jika disetel terlalu tinggi, maka penggunaan RAM akan meningkat drastis, khususnya ketika pemain Anda sedang eksplorasi world.

Catatan penting: jangan disetel ke 0s! Mob tidak akan bisa despawn karena chunk sudah terlanjur diunload, dan mob yang tidak despawn akan menghabiskan jatah mob cap per-pemain dan per-world, sehingga akhirnya world akan menjadi lebih sepi!

chunks.prevent-moving-into-unloaded-chunks:

Ideal: true

Nyalakan jika Anda ingin pemain Anda tidak eksplor world terlalu cepat. CPU server yang kurang kuat bisa menyalakan opsi ini.

Chunk loading memiliki prioritas yang cukup tinggi di antara server task lainnya. Jika ada pemain yang menggunakan elytra dengan cepat, dia akan meload banyak sekali chunk.

entities.despawn-ranges:

Ideal:

    despawn-range-shape: CYLINDER
despawn-ranges:
monster:
hard:
horizontal: default
vertical: 128

Ubah default di horizontal: default menjadi mob-spawn-range*16 dengan angka minimum 32. Contoh: mob-spawn-range=5, maka horizontal: 80.

Wajib dikombinasikan dengan mob-spawn-range di spigot.yml!

Ini digunakan supaya tidak ada mob farm buatan pemain yang rusak. 128 adalah hard despawn range vanilla minecraft. Kebanyakan pemain hanya copy-paste desain farm dari YouTube, dan jika Anda tidak melakukan apapun mengenai setelan ini, farm mob pemain-pemain Anda yang mengutamakan jarak 128 block untuk AFK dari killing chamber, pasti akan rusak. Karena mob akan terlanjur despawn sebelum mencapai block ke 120+, dikarenakan despawn-range default mengikuti jarak mob-spawn-range.

Dengan membatasi simulation-distance dan mob-spawn-range ke jarak yang lebih kecil dari 8 chunk, maka Anda bisa mendapatkan world yang lebih "ramai mob" tanpa mengorbankan banyak kinerja CPU. Namun pastikan Anda tetap mengganti vertical hard monster despawn range dan mengubah shapenya menjadi CYLINDER untuk menghindari hal yang sudah ditulis sebelumnya.

mob-spawning-ranges

mob-spawning-ranges

entities.tracking-range-y:

Kombinasikan dengan spigot.yml - world-settings.entity-tracking-range:.

Rekomendai: true

Ikuti Rekomendasi dari entity-tracking-range: di spigot.yml yang sudah dituliskan sebelumnya, lalu gunakan angka-angka ini.

  tracking-range-y:
enabled: true
animals: 64
display: 80
misc: 128
monsters: 128
other: 64
pemains: 128

environment.optimize-explosions:

Ideal: optimize-explosions: true

Ini akan membuat ledakan apapun yang dilakukan secara beruntun dan banyak, menjadi lebih ringan. Contoh: Meledakkan ratusan TNT sekaligus.

Anda mungkin ingin menaikkan angka max-tnt-per-tick di spigot.yml jika ledakan TNT beruntun terasa lebih lambat dibandingkan vanilla.

lootables:

Ideal:

lootables:
auto-replenish: true

Biarkan angka dan value lain di dalam opsi ini seperti apa adanya.

auto-replenish: true akan menyelesaikan masalah kelangkaan item seperti Heart of The Sea dan menghindari hal seperti "aduh, ini server krisis structure baru, semua structure udah pada diloot."

restrict-pemain-reloot: true akan membatasi pemain Anda sehingga hanya bisa membuka loot chest / loot container yang sama sebanyak satu kali saja, untuk menghindari exploit.

tick-rates:

Ideal:

tick-rates:
behavior:
villager:
validatenearbypoi: -1
container-update: 1
dry-farmland: 1
grass-spread: 1
mob-spawner: 1
sensor:
villager:
secondarypoisensor: 40
wet-farmland: 1

Rekomendasi:

tick-rates:
behavior:
villager:
validatenearbypoi: 20
acquirepoi: 20
container-update: 3
dry-farmland: 3
grass-spread: 3
mob-spawner: 2
sensor:
villager:
secondarypoisensor: 40
wet-farmland: 3

Catatan penting: Jangan menyetel validatenearbypoi dan acquirepoi terlalu tinggi atau Villager Anda akan membutuhkan waktu lama mengambil pekerjaan mereka di block terdekat!

Jangan menyetel secondarypoisensor terlalu tinggi atau Villager Anda akan bekerja sangat lambat!

Jangan mengubah sensor ataupun behavior lain dari villager jika Anda belum memahami fungsinya! Karena kemungkinan besar Villager tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Jika VIllager membuat server Anda lag, khususnya jika ada pemain yang membuat villager trading station besar-besaran, maka solusi yang bisa Anda gunakan adalah memasang plugin VillagerLobotomizer untuk mematikan AI villager jika mereka terdeteksi sedang 'dikurung' di trading station, dan Villager yang dilobotomi tidak akan terpengaruh wake-up-inactive di spigot.yml, tetapi trade refresh mereka akan tetap bekerja karena plugin ini akan mengaktifkan refresh trade Villager secara berkala.

misc.redstone-implementation:

Ideal: ALTERNATE-CURRENT Rekomendasi: Cek catatan.

Terdapat opsi lain seperti EIGENCRAFT. Namun algoritma redstone ALTERNATE-CURRENT jauh lebih enteng, terutama pada redstone dust yang diubah menjadi non-locational update. Bug quasi-connectivity dari ALTERNATE_CURRENT juga sudah diperbaiki (issue#7852) pr#7971 fix issue #7852), sehingga minim kemungkinan terjadi bug redstone selama Anda menyetel hal-hal lain yang berkaitan ke redstone dengan benar.

Catatan: ALTERNATE_CURRENT berpotensi membuat TNT duplicator yang menggunakan block update menjadi tidak bekerja (issue#23). Jika server Anda membolehkan dan menyalakan TNT dupe, Anda perlu mengganti ALTERNATE_CURRENT menjadi EIGENCRAFT.

Informasi teknikal ALTERNATE_CURRENT dapat Anda akses di laman Alternate Current.


Daftar Pustaka:

Paper-chan. Paper Chan's Little Guide to Minecraft Server Optimization!


Suntingan Termutakhir: 13 Desember 2025.

Penulis: Jan Wafa Karsiena. Lisensi: CC BY-SA 4.0.

license-cc-by-sa