Lewati ke konten utama

Pengenalan Optimisasi Farm dan Redstone

Penjelasan dasar tentang apa itu farm, bagaimana mekanismenya di Minecraft, dan kenapa farm bisa menyebabkan lag pada server.


Apa Itu Farm & Kenapa Bisa Bikin Server Lag?

Di Minecraft, semua yang bergerak seperti redstone, mobs, villager, hopper, piston, pathfinding adalah proses yang dihitung oleh CPU server. Semua proses itu jalan setiap tick (20x per detik), dan ketika jumlahnya terlalu banyak, server mulai melambat. Farm yang besar bukan cuma “banyak blok”, tapi juga:

  • Banyak entitas yang terus bergerak
  • Banyak AI dari mob yang terus berpikir
  • Banyak redstone yang aktif nonstop
  • Banyak block update yang merambat dari satu block ke block lain
  • Banyak hopper/piston/observer yang ngecek kondisi setiap tick

Ketika satu farm terlalu besar atau terlalu bebas, farm itu bisa menghabiskan beberapa milidetik per tick sendiri, cukup untuk menjatuhkan TPS dan bikin server berasa patah-patah.

Dokumentasi ini dibuat untuk menjelaskan kenapa itu terjadi, bagaimana cara mendeteksinya, dan yang paling penting: bagaimana cara mencegah pemain membuat farm yang tidak sehat tanpa mematikan kreativitas mereka.

info

Bagian ini tidak membahas optimisasi lewat konfigurasi (server.properties, spigot.yml, paper.yml, dll); hal itu dibahas terpisah di bagian Setelan Ajaib Lancar, sedangkan bagian ini fokus khusus pada farm, entity, redstone, dan plugin pengendali lag.


Plugin yang Digunakan

Ini adalah plugin-plugin yang akan digunakan untuk mengatur farm, entity, dan redstone di server.
Setiap plugin punya tugas berbeda dan seluruh pembahasan detail dapat dibuka melalui halaman masing-masing.

Insights
Membatasi jumlah block dan static entity dalam suatu area.
Bekerja async sehingga aman untuk performa.

RedstoneLimiter (paid)
Plugin untuk membatasi aktivitas redstone per block/chunk.
Efektif menghentikan redstone lag machines dan exploit.

AntiRedstoneClock
Mendeteksi dan menghentikan redstone clock yang berjalan terus-menerus.
Bisa otomatis menonaktifkan atau menghapus clock berbahaya.

FarmControl
Mengatur perilaku mob dalam farm: batasi breeding, kurangi movement, atau disable AI.
Mengurangi lag dari animal farm dan mob farm besar.

AntiVillagerLag
Mengoptimalkan villager trading hall dengan menonaktifkan AI secara aman.
Restock & level-up tetap berjalan tanpa membebani server.


Ditulis oleh Evan Andreyan (A.K.A LourenT) - Head of Development, foxy-network.net