Lewati ke konten utama

Sistem Redstone dan Optimisasi

Penjelasan mekanisme redstone di Minecraft, penyebab lag dari redstone/farm, dan cara menggunakan plugin seperti RedstoneLimiter, AntiRedstoneClock, Insight/BlockLimiter untuk mencegah lag.


Dasar Kerja Redstone di Minecraft

Di Minecraft Java Edition, keseluruhan dunia berjalan dalam game tick, dengan 20 tick per detik.

  • “Game tick” bertanggung jawab untuk update world: entitas, gerakan, block updates, redstone, dsb.
  • Untuk redstone, biasanya memakai istilah “redstone tick”, yaitu 2 game-tick (sekitar 0,1 detik). Banyak komponen redstone seperti repeater, torch, comparator bekerja dalam kelipatan redstone tick.
  • Ketika redstone berubah (misal lever ditekan, piston aktif, observer mendeteksi block), perubahan itu memicu block update: yaitu notifikasi ke block-block di sekitarnya bahwa ada perubahan dan mereka bisa ikut berubah. Block update bisa merambat ke banyak blok tergantung rangkaian redstone.

Karena setiap perubahan redstone dan setiap block update diproses dalam tick server, semakin banyak redstone aktif & sering update = semakin besar beban CPU per tick.

Source: https://minecraft.wiki/w/Redstone_mechanics#Redstone_tick

Gunakan Alternate Current

Untuk optimisasi redstone berbasis konfigurasi server seperti Alternate Current membuat redstone jauh lebih ringan. Panduan aktivasi


Pola Lag dari Redstone

Beberapa situasi redstone yang sering bikin lag:

  • Redstone Clock/Loop Tak Terbatas, misalnya dua observer saling memicu terus, piston ulang-ulang, repeater loop cepat; ini menyebabkan update & block update terus-menerus setiap tick.
  • Rangkaian besar (long wiring + banyak komponen), dust panjang + banyak repeater, piston, observer, lamp, dispenser, hopper, dsb = banyak block update ketika state berubah.
  • Kontraption otomatis (sorter item, auto-farm, auto-harvest, auto-door, dll), sering memicu redstone dengan ritme tinggi, terutama saat farm aktif.
  • Penggunaan hopper/inventory + redstone/piston secara bersamaan (meskipun hopper lebih ke entity/inventory tick, tapi kombinasi dengan redstone bisa memperparah).

Ketika server memiliki banyak build semacam itu dari banyak pemain, beban redstone + block update + entity update bisa melampaui batas aman -> server lag, TPS drop, lag spike acak.

Gunakan Water Stream

Hopper adalah salah satu penyebab lag terbesar, terutama saat kosong karena terus melakukan inventory-check tiap tick. Kalian bisa membuat peraturan agar pemain mengganti jalur hopper panjang dengan water stream atau hopper minecart untuk mengurangi beban server.


Mengontrol Redstone dengan Plugin

Dengan memahami dasar di atas, kita bisa menggunakan plugin untuk membantu menahan atau membatasi beban server. Berikut plugin & metode yang sering saya gunakan:

RedstoneLimiter (paid)

  • Plugin ini membatasi aktivitas redstone per blok atau per chunk.
  • Bisa disetel agar ketika terlalu banyak perubahan (“state changes”) dalam waktu singkat, block menjadi “mati”/non-aktif sementara untuk menghindari overload.
  • Fitur seperti auto-disable redstone saat TPS server turun, dan notifikasi ke admin/player saat limiter aktif. Cocok jika kamu ingin memberi kebebasan redstone, tapi tetap menjaga server agar tidak meletupp.

AntiRedstoneClock-Remastered / plugin anti-clock lainnya

  • Fokus utama: mendeteksi redstone clock/loop yang terus-menerus menyala.
  • Bisa memberitahu staff/console ketika clock terdeteksi, dan menonaktifkan atau memusnahkan block yang menyebabkan clock. Cocok untuk server survival di mana kamu ingin batasi potensi abuse dari redstone tanpa mematikan mekanik redstone seluruhnya.

Insight


Rekomendasi Setup

Tujuan/KasusRekomendasi
Membiarkan redstone & mekanik otomatis tapi aman untuk semua pemainGunakan RedstoneLimiter dengan limit perubahan per-second/per-chunk + alert when limit hit
Mengizinkan redstone sederhana (pintu, lampu), tapi cegah sistem clock abuse/spamAktifkan AntiRedstoneClock, set konfigurasi agar plugin hanya deteksi & disable clock, bukan blok redstone ringan
Farm + otomatisasi besar/banyak (sorter, harvester, item transfer)Kombinasi BlockLimiter(Insight) + RedstoneLimiter + plugin entity control (FarmControl)

Ditulis oleh Evan Andreyan (A.K.A LourenT) - Head of Development, foxy-network.net