Kebiasaan Buruk dan Miskonsepsi Umum
Berikut ini adalah kebiasaan buruk dan miskonsepsi umum yang paling sering ditemukan oleh administrator server di Indonesia
RAM Banyak = Server Lancar
Kurang tepat. RAM memang berkontribusi besar untuk penyimpanan data-data sementara seperti loaded chunk, cache plugin, menjalankan plugin server, dan lainnya yang berkaitan dengan fungsi RAM itu sendiri (tempat menyimpan data sementara).
RAM ideal untuk semua server adalah 8 GB hingga 24 GB
Lebih dari itu, maka sangat disarankan untuk membatasi slot maksimal player. Potensi masalah yang muncul dari penggunaan lebih dari 24 GB ram tidak worth-it dibandingkan membatasi slot maksimal player, ataupun membuat server kedua.
Sebagian besar server akan berjalan sangat baik dengan 16 GB RAM.
Kuncinya adalah CPU yang kuat di single thread* dan memiliki banyak core, serta kecepatan read/write disk server, bukan kapasitas RAM yang tinggi!
Tips: Anda bisa menjual akses menembus batas maksimal slot player :)
*Khusus Paper dan turunannya. Folia menginginkan performa multi-threading yang lebih kuat.
RAM Penuh = Server Lag, Crash, Freeze, Hang
Kurang tepat. Justru yang bagus adalah memanfaatkan 95% RAM yang Anda miliki. Misalkan Anda menyewa RAM 12 GB, maka 95% dari 12 GB adalah 11.4 GB. Gunakanlah Semua 11.4 GB tersebut tanpa ada sisa kosong kecuali yang 600 MB (5%) tadi. Untuk apa Anda menyewa 12 GB RAM jika Anda hanya menggunakan sebanyak 8 GB? Kan sayang uangnya tidak terpakai maksimal.
RAM yang dimaksimalkan akan memperlancar proses loading chunk, generate chunk, menyetabilkan kinerja plugin, dan membuat CPU server bekerja sebagaimana mestinya.
Server adalah satu kesatuan dari RAM, CPU, disk storage, power, dan temperature. Jika salah satunya tidak bisa mengimbangi kebutuhan server, dampaknya adalah server menjadi lag.
Berbagai alasan umum yang menyebabkan RAM penuh seperti penggunaan mod yang sangat banyak, plugin atau datapack yang bekerja di setiap tick, dan lainnya, itu bukan pertanda RAM kurang, tetapi optimisasi yang buruk dan pilihan spesifikasi server yang tidak mampu menutupi kebutuhan server Anda.
Kenapa Memanfaatkan 95% RAM?
Karena 5% sisanya adalah 'cadangan'. Untuk proses garbage collection (pembersihan memory), untuk sebagian cache, dan supaya server tidak terkena out of memory killer.
Server hosting yang bagus akan menyediakan overhead memory untuk meminimalisir OOM killer dan untuk jatah panel.
RAM Mendadak Tinggi = Memory Leak
Kurang tepat. Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, memory leak biasanya terjadi jika heap memory tidak kunjung turun dan terus meningkat seiring waktu hingga server direstart
Untuk sebagian besar administrator server yang menggunakan panel server, sulit untuk melihat memory leak kecuali melakukan heap memory dump dan menganalisisnya dengan memory profiler seperti Eclipse Memory Analyzer.
Heap memory adalah RAM aktual yang digunakan oleh Minecraft server saja.
Process memory adalah memory dari RAM yang dijatahkan oleh Java untuk digunakan oleh sistem Minecraft server.
Pada pterodactyl panel, RAM yang diperlihatkan adalah process memory. Jika Anda melihat RAM dari spark ataupun placeholder seperti %server_ram_used, itu adalah heap memory.
Di panel server, jika Anda mengalokasikan RAM 16 GB di -XMX16G, namun Anda hanya melihat penggunaan RAM sekitar 2 GB hingga 4 GB yang berbentuk gerigi gergaji ataupun lurus konstan, itu adalah heap memorynya. Hanya sebesar itulah RAM yang sebenarnya digunakan oleh Minecraft server.
Sisanya? Menganggur. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyamakan -Xms dengan -Xmx dan menggunakan Aikar's G1GC flag untuk server Minecraft.
Server hosting yang bagus tidak akan membuat server Anda crash/freeze akibat menggunakan flag ini, dan tidak akan mengurangi kapasitas RAM yang sudah Anda beli.
Gambar: Penggunaan memory tanpa Aikar's flags, -Xms256M -Xmx2500M -jar server.jar --nogui
Pada gambar di atas, dalam kotak merah terlihat pola berbentuk geriji gergaji. Setiap jurang yang muncul setelah penggunaan memory meningkat menandakan proses garbage collection sedang bekerja. Pada waktu itu RAM yang sudah build-up akan dibersihkan.
Pada Aikar's G1GC flags, garis yang berbentuk gerigi gergaji akan terlihat lurus, namun bisa turun sedikit demi sedikit secara perlahan, berbeda dengan flag default yang hanya menggunakan -Xms -Xmx -jar server.jar --nogui saja.
Pada flag default (-Xms -Xmx -jar server.jar --nogui saja), sebagai efek samping kecil dari -Xms yang lebih kecil dari -Xmx, timbul potensi MSPT naik di atas 50 sewaktu GC dilakukan atau sewaktu server menambahkan heap. Anda yang sudah susah payah mencari penyebab lag spike melalui spark profiler, ternyata endingnya si lag spike tersebut berasal dari proses GC. Kesal tidak tuh?
Alternatif Aikar's G1GC flags: Generational ZGC
Syarat: Java 21
Flag: java -XmsRAM_DALAM_MEGABYTE_M -XmxRAM_DALAM_MEGABYTE_M -XX:+UseZGC -XX:+ZGenerational -jar server.jar --nogui
Pastikan nilai -Xms sama dengan -Xmx
Copy Paste Guide 'Server Optimization'
Contoh: Anda melakukan copy-paste sepenuhnya angka-angka yang ada di panduan optimisasi seperti panduan oleh YouHaveTrouble TANPA memahami apa arti dan dampak dari tiap angka yang Anda ubah.
Ini berpotensi merusak mekanisme vanilla. Komentar penulis: player Anda dijamin akan mengeluh seputar mob farm yang tidak bekerja.
Pengalaman bermain player lebih utama dibanding menghemat budget.
Dan juga, setiap server memiliki kemampuan komputasi dan kebutuhan yang berbeda-beda.
Pada panduan laman "Setelan Ajaib Lancar" ada angka dan nilai yang biasanya cukup untuk 80% server yang ada di dunia, tetapi anda juga perlu melakukan fine tuning sendiri.
ClearLag
Hindari ClearLag.
Tidak ada alasan* untuk menggunakan ClearLag jika Anda menggunakan Paper dan turunan-turunannya.
Kenapa?
Karena administrator server Indonesia umumnya menggunakan ClearLag untuk melakukan despawn paksa item-item yang berceceran di tanah, lebih dikenal juga dengan 'menghapus sampah' atau 'menghapus ground item'.
Hal ini sudah tidak diperlukan jika Anda menggunakan server Paper. Terutama di atas 1.20+, dan lebih baik lagi jika server Anda menggunakan versi 1.21+. Semua item dan xp orb yang berceceran tidak lagi menimbulkan lag dibanding versi-versi sebelumnya karena Mojang sendiri sudah melakukan banyak optimisasi yang lebih agresif sepanjang versi 1.20 hingga versi terbaru.
Penggantinya apa?
Gunakan alt-item-despawn-rate di config Paper!
/home/container/config/paper-world-defaults.yml - entities.spawning.alt-item-despawn-rate:
alt-item-despawn-rate:
enabled: true
items:
cobblestone: 600
cobbled_deepslate: 600
netherrack: 600
rotten_flesh: 900
ender_pearl: 900
leather: 900
bone: 1200
bone_meal: 1200
cactus: 900
egg: 900
feather: 900
gunpowder: 1200
arrow: 900
blaze_rod: 1200
cod: 1200
salmon: 1200
string: 1200
ink_sac: 900
slime_ball: 1200
phantom_membrane: 900
Gunakan plugin seperti Insights untuk membatasi jumlah static entity seperti item frame, armor stand, painting, dan juga untuk membatasi jumlah block entity seperti hopper, spawner, bed, chest, dan redstone dust.
Ganti model redstone implementation dari VANILLA menjadi ALTERNATE_CURRENT di config Paper!
/home/container/config/paper-world-defaults.yml - misc.redstone-implementation: ALTERNATE_CURRENT.
Satu Pengecualian khusus
*Hanya gunakan ClearLag jika server Anda memiliki player-player yang mampu memproduksi jutaan ground item dan xp orb per lima menit.
Biasanya ditemukan di server teknikal Minecraft. Jika Anda membaca panduan ini, kemungkinan besar server Anda bukan server yang mengedepankan teknikal.
Menggunakan Plugin Anti-Dupe
Dupe = duplicate, duplication.
Plugin anti duplicate seperti IllegalStack, ExploitFixer dan lainnya justru menimbulkan masalah lain yang berkaitan dengan item, container (furnace, barrel, dropper, brewing stand, donkey/mule chest dan lainnya yang punya slot penyimpanan), dan inventory.
Seringkali plugin-plugin tersebut tidak mau bekerja sama dengan plugin lainnya, sebagai contoh: IllegalStack akan menghapus item dengan enchant level yang di luar batas wajar, akan menghapus item dengan jumlah stack yang tidak rasional. Padahal Anda menyetel server Anda khusus untuk memberikan fitur tersebut, meskipun sudah mengatur config IllegalStack dan ExploitFixer untuk melakukan pengecualian terhadap item-item tersebut.
Solusinya?
Selalu upayakan untuk mengupdate server ke versi terbaru. Mojang Studios Sweden itu adalah salah satu perusahaan yang gercep untuk memperbaiki bug duplicate. Kemungkinan besar semua bug duplicate di vanilla yang dianggap sebagai BUG di Mojira, sudah diperbaiki di vanilla Minecraft.
Adapun jika tersangka utama dari dupe yang ada di server berasal dari plugin. Maka laporkan plugin dan masalah dupe tersebut ke developer pluginnya! Jangan menginstall plugin lain untuk mengatasi masalah ini, karena akar masalahnya tidak diselesaikan jika Anda melakukan langkah ini!
Menggunakan Plugin Bajakan
Plugin bajakan memiliki risiko server Anda ikut terbajak juga. Karena di dalam plugin bajakan, kecuali Anda cek source codenya satu per satu class, seringkali diselipkan code yang memungkinkan player tertentu mendapatkan akses operator dan merusak server Anda.
Kadang juga di dalam plugin bajakan terdapat code yang bisa menginfeksi semua plugin dan .jar setelah dijalankan di server. Satu-satunya cara menyelesaikan hal ini adalah menghapus semua .jar, juga plugin bajakan tersebut dari server.
Hal ini cukup memusingkan, dan kalau kerusakan sudah terjadi maka perlu dilakukan rollback dan pembersihan secara merata yang bisa memakan waktu cukup lama.
Belilah plugin resmi dari tempat developernya mendistribusikan plugin tersebut!
Karena ini juga bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang selagi pluginnya masih tetap diurus oleh developer tersebut.
Beberapa plugin yang umum dibajak: ItemsAdder, Nexo, ShopGUI+, EconomyShopGui+, MythicMobs, MMOItems, ModelEngine
Menggunakan Versi Minecraft Lawas
Selalu diupayakan supaya server Anda menggunakan server minecraft terbaru. Jika Anda mengalami kendala di plugin yang belum diupdate, maka tunggulah hingga plugin tersebut update.
Jika ada plugin yang Anda gunakan namun sudah tidak mendapatkan update lagi, carilah plugin penggantinya. Nahasnya jika plugin tersebut adalah plugin inti, maka Anda perlu mengupdatenya sendiri, atau menyewa jasa update plugin ke orang lain.
Per November 2025, versi 'lawas' adalah semua versi di bawah 1.21.4.
Kenapa harus update?
Ada beberapa alasan untuk mempercepat update:
- Fitur baru. Sudah jelas versi baru mendapatkan fitur-fitur baru juga.
- Hype versi baru. Banyak player yang ingin mencoba fitur-fitur baru namun tidak ingin bermain sendiri di singleplayer world.
- Bug fix. Versi baru selalu memperbaiki bug-bug yang muncul di versi sebelumnya, sehingga server Anda akan semakin aman dan mengurangi beban pemeliharaan rutin.
Pengecualian
Ada sebagian pengecualian untuk poin terkait versi server. Namun jika Anda membaca panduan ini, kemungkinan besar Anda tidak termasuk bagian dari server yang melakukan pengecualian ini. Anda pun sudah diharapkan mengetahui basis-basis manajemen server.
Beberapa contohnya adalah:
- Server minigame/pvp. Anda tidak perlu mengupdate server jenis ini ke versi terbaru, kecuali Anda membutuhkan item-item baru yang ditawarkan oleh versi modern.
- Server lobby/hub. Server jenis ini bisa menggunakan versi hingga Minecraft 1.7 dengan memanfaatkan ViaVersion, ViaBackwards, dan ViaRewind. Bahkan Namun Anda masih perlu memperhatikan kompatibilitas plugin.
Salah Menyetel hopper-amount di spigot.yml
Nilai defaultnya adalah hopper-transfer: 8, hopper-check: 1, dan hopper-amount: 1.
Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, umumnya administrator server melakukan hal ini:
ticks-per:
hopper-transfer: 8
hopper-check: 8
hopper-amount: 1
Angka seperti ini 100% akan merusak sistem redstone sorting yang menggunakan hopper serta comparator.
Karena hopper-check dengan hopper-amount tidak sesuai, maka jumlah item di dalam hopper yang dicek oleh server, dengan jumlah hopper yang dipindahkan, itu tidak sesuai. Akan selalu ada hopper yang tidak menyala dalam sistem redstone sorting tersebut.
Jika Anda ingin mengubah hopper-transfer, ubahlah angkanya menjadi kelipatan 8.
Jika Anda ingin mengubah hopper-check atau hopper-amount, Anda wajib mengganti keduanya sekaligus. Dan ubahlah angkanya menjadi kelipatan 1.
Contoh yang benar:
ticks-per:
hopper-transfer: 24
hopper-check: 3
hopper-amount: 3
Salah Menyetel Chunk Distance dan Mob Range
Ini adalah kesalahan yang paling sering ditemui selain Hopper.
Angka view-distance di server.properties atau spigot.yml adalah jarak pandang dan chunk non-ticking yang akan dikirimkan ke client dari data world server.
Angka simulation-distance di server.properties atau spigot.yml adalah jarak chunk ticking.
Jangan menyetel angka view-distance lebih kecil dari simulation-distance! Ini akan menghasilkan banyak bug visual yang berkaitan dengan ticking!

Angka mob-spawn-range di spigot.yml adalah jarak chunk di mana server akan mencoba melakukan mob spawning.
Jika simulation-distance lebih dari 10, setel mob-spawn-range ke 8.
Jika simulation-distance kurang dari 8, SELALU setel mob-spawn-range di angka -1 dari simulation-distance! Ini akan menghindari 'ghost mob', yaitu mob yang tidak bisa didespawn karena chunk tempat mereka berada sudah masuk wilayah non-ticking atau unloaded. Ini akan menyebabkan mob di server menjadi lebih sepi, karena jatah mob baru berkurang (diambil oleh mob yang gagal despawn).
Anda juga perlu mengubah despawn-ranges dari ELLIPSOID menjadi CYLINDER, dan hard horizontal menjadi (simulation-distance)-1 * 16
Lebih lanjut: Cek laman "Setelan Ajaib Lancar"
Tidak Melakukan Restart Server Harian
Restart server Anda setiap hari (atau secara berkala) untuk membersihkan beragam junk di memory server.
Waktu terbaik untuk melakukan restart server adalah pukul 02-05 pagi, saat aktivitas server minim. Supaya pemain Anda tidak terganggu pada saat jam sibuk di hari tersebut.
Gunakan fungsi Scheduler yang tersedia di panel pterodactyl untuk melakukan restart harian secara otomatis. Jika Anda tidak menggunakan panel untuk server, bisa membuat cron job script task ataupun menggunakan plugin.
Daftar Pustaka:
PaperMC. Configuring Anti-Xray.
Suntingan Termutakhir: 13 Desember 2025.
Penulis: Jan Wafa Karsiena. Lisensi: CC BY-SA 4.0.